keadilan yang masih ada

emang harus ya klo yang namanya udah masuk dipengadilan harus selalu nggak boleh bebas? 'tertuduh' tu knpa HARUS punya image tersangka ya. please people, never trust any media that you heard. they're just throwing your shit off to your face. walaupun pada kenyataannya demokrasi yang paling benar adalah lewat media. tapi serius deh, didunia ini mo negara mana aja yang namanya media tuh lebay.


Seperti ketika kita berbicara soal pengadilan. kita selalu ngedenger yang namanya keadilan di negeri ini udah nggak ada. masa iya bener-bener nggak ada? yang nyiptain image bener-bener nggak ada tuh siapa sih. sekali lagi, emang harus ya klo yang namanya udah masuk dipengadilan harus selalu nggak boleh bebas? 'tertuduh' tu knpa HARUS punya image tersangka ya....

ada orang yang ngasih bukti-bukti ke KPK, dikumpullin semua data-data bukti itu, untuk membuktikan bukti itu direkayasa atau nggak ya diproses lah di pengadilan....  jadilah ada yang namanya terdakwa, yang tertuduh dengan sedemikian bukti. apa harus selalu yang terdakwa itu terbukti bersalah? kalo bukti-bukti yang ada ternyata nggak masuk akal gimana dan kalo itu bukti-bukti nggak terbukti akuratnya gimana? ya coba aja ibaratin misalnya lo dituduh nyuri handphone orang. tiba-tiba handphone itu ada di dalam tas lo. padahal jelas-jelas lo cuma ninggalin tas di satu ruangan yang sama ama handphone yang ilang itu.dan lo daritadi nggak disitu, cuma naro tas doang. kesel nggak kalo dituduh ngambil? kesel nggak kalo udah dibilang maling padahal lo bukan maling? dan yang tertuduh tuh kenapa banget ya harus benar-benar jadi tersangka.


Dan emang ya yang namanya media. sangat-sangat-amat membangun opini masyarakat. kalo ada terdakwa kasus korupsi yang dapat vonis bebas, sedikit-sedikit dibikin lah itu yang namanya pemberitaan-pemberitaan di media dengan tagline, "Vonis Bebas? KPK lemah?" atau "Terdakawa kasus korupsi sekian-sekian divonis bebas oleh hakim." NGENTOOOOOT, KALO TUH ORANG EMANG  HARUS BEBAS KARENA NGGAK TERBUKTI YA KENAPA SIH... KENAPA BANGET IMAGE ORANG YANG TERTUDUH ITU HARUS FIX ADALAH TERSANGKA SIH. EMANG BENER-BENER NIH MEDIA MO DIMANA AJA SAMA. BUKANNYA NGOMONGIN FAKTA, MALAH NGOMPOR2IN PERKARA YANG MEMBENARKAN OPINI SEPIHAK. JADI TUH ORANG-ORANG YANG NONTON KEDOKTRIN BUAT SELALU MEMBENARKAN OPINI BUKAN FAKTA.


"setiap orang harus dianggap tidak bersalah sebelum mendapat putusan pengadilan yg berkekuatan hukum tetap. gak usah gusar dan terlalu ngotot untuk menyalahkan orang yg terbukti tidak bersalah."




p.s : selamat untuk pak mochtar mohamad a.k.a om utam yang sudah divonis bebas. orang jujur memang cobaannya banyak, namanya juga politik. fyi, orang ini pinter banget selalu ranking 1 dari dulu di sekolah, rendah hati banget, jujur, sederhana, dan bener-bener perhatian sama keluarganya (mo sodara kek, temen sekolah, tetangga)... dan setiap warga yang selalu datang kerumah dinasnya ketika ia berada ditempat, ia selalu  melayani dengan ramah setiap keluhan-keluhan yang datang. beliau orang yang sangat jujur dan baik seperti halnya orang-orang yang lo percaya. dan lo pasti akan ikut tersinggung kalo ada temen baik lo, paman lo, atau mungkin orangtua lo yang dituduh sesuatu yang padahal lo tau dengan jelas bahwa faktanya tuh nggak seperti itu. Dan emang bener ya, orang kalo jadi terlalu baik tuh bahaya loh. di fitnah lah, di begoin orang lah, ditipu lah.... makanya, jangan pernah membiarkan sisi 'black swan' lo pergi, tapi juga jangan biarkan sisi hitam lo itu menguasai lo sehingga membuat lo kehilangan 'the white swan' lo. - madam kintil. but however, selalu inget... tempat yang terbaik itu milik orang-orang baik loh makanya jadi orang baik itu nggak gampang. sabar dan ikhlas <- nggak semudah yang saya tulis sekarang hahaha bukan berarti saya selalu ngomong dua kata itu saya adalah orang yang selalu punya dua hal itu. mennnnn susaaaaah!!!!!
something comes for a reason and something leaves for a better reason - Madam Kintil :)
stay strong, and do your best.

0 komentar:

Posting Komentar

The Ugly Book