Introvert

Pada beberapa hari yang lalu saya tidak sengaja sempat bertemu dengan teman lama waktu saya lagi duduk2 sendiri sama laptop di starbucks margo :P *biarnyadar* *ganggusihlubawel

ngobrol bla bla and the bla membahas dari apa kabar sampai ngomongin capres. Kebanyakan dia sih yang ngomong saya hanya menyimak dan sesekali menimpal dengan kata yang secukupnya saja. Lalu ketika kami terdiam, dia menimpal "wah wan belum berubah ya lu, pengen deh bisa introvert kayak lu gitu" Kemudian saya menjawab, "eh, introvert tu apa ya sering gue denger deh tapi belum pernah gw googling. Nanti deh gw coba cari tau"

Kemudian saya coba liat dan pahami, rata-rata definisinya terangkum (dikutip dari huffington post) seperti ini:

1. Tidak Suka Basa Basi

Orang yang introvert dikenal fobia-basa basi, karena mereka merasakan omong kosong menjadi sumber kecemasan, atau setidaknya menjengkelkan. "Introvert benci basa basi bukan karena tidak suka dengan orang-orang. Tapi kami membenci basa basi karena bisa menjadi hambatan yang tercipta di antara orang-orang," tulis Laurie Helgoe di buku 'Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength.'

Ya ampuuuun cek, maafin gueeee gue baru nyadar waktu ga sengaja ketemu lu lu melulu yg ngomong apa kabar and the bla bli blu hahahahhaa gw nggak pernah menciptakan pertanyaan udah kebiasaan ngajak ngobrol orang pake gosip "eh si itu udah nikah katanya ye" kebiasaan di kampus suka nyamperin orang lgsg nembak "hai.gw punya gosip!" -_____- #tembokdesainmode

2. Pergi ke Pesta Bukan untuk Bertemu Orang

Jika Anda seorang introvert, Anda bisa jadi terkadang menikmati pergi ke pesta. Tapi kemungkinannya adalah Anda tidak pergi ke pesta karena Anda bersemangat bertemu dengan orang baru. Di pesta, kebanyakan introvert akan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sudah mereka kenal dan merasa nyaman.

Ini iya si..


3. Merasa Sendiri di Keramaian

Mungkin Anda sering merasa seperti asing di tengah-tengah perkumpulan sosial dan kegiatan kelompok, bahkan dengan orang yang Anda kenal? "Jika Anda cenderung menemukan diri Anda merasa sendiri di tengah keramaian, Anda mungkin seorang introvert," kata Dambling.

enggggggg... kok iya juga ya. Gue udah paling mati gaya deh kalo yang namanya hp lowbatt...... atau laptop mati. Tapi pada dasarnya saya suka deh dudukduduk kayak ngopi di tempat yang rame. tapi ya.... Lebih nyaman sendiri. Bawa laptop. Terus tiba2 disamperin sama lu gituuuu cek!!!! *heran padahal udah mojok tapi di ngeh-in

4. Mudah Terganggu

Sementara ekstrovert cenderung mudah bosan ketika mereka tidak memiliki kegiatan, introvert memiliki masalah sebaliknya. Mereka mudah terganggu dan kewalahan di lingkungan yang kelebihan stimulus.



"Ekstrovert umumnya lebih mudah bosan daripada introvert pada pekerjaan yang monoton, mungkin karena mereka membutuhkan dan berkembang pada tingkat tinggi stimulasi," kata peneliti Clark University di makalah yang diterbitkan di Journal of Personalitu and Social Psychology.

Nggak juga tapi banyakan iya juga ya. kalo ditanya lu ga bosen dirumah terus nda? SAMA SEKALI NGGAK. Gue seneng bgt jadi lebih banyak baca, nulis, dan paling penting rebahannnnnnnn

5. Bicara di Depan 500 Orang Tidak Terlalu Membuat Stres Dibanding Harus Berbaur Setelahnya

Introvert bisa menjadi pemimpin yang sangat baik dan seorang pembicara yang baik juga. Mereka tidak terlalu pemalu sebenarnya karena tidak selalu menghindari sorotan. Bagi seorang introvert, berbicara di depan ratusan orang masih lebih baik ketimbang berbaur dengan orang-orang itu setelahnya.

Artis seperti Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson, semuanya diidentifikasikan sebagian para introvert, dan sekitar 40 persen dari CEO memiliki kepribadian introvert. 

Yang boneng u gan... nyanyi nyanyi jamrud dulu dikampus iya si........

6. Saat di Bis, Anda duduk di Bangku Paling Pojok, Bukan di Tengah
Orang yang introvert cenderung menghindari dikelilingi orang di semua sisi. "Kami kemungkinan untuk duduk di tempat-tempat di mana kita bisa pergi ketika kita siap," tutur Damling.

Ini sumpah cek lu kebetulan doang ketemu gue gue lagi duduk mojok aseliiii

7. Memiliki Kekasih Ekstrovert

Benar bahwa yang berlawanan itu menarik, sehingga introvert seringnya tertarik pada ekstrovert. Sebab seorang ekstrovert akan mendorong mereka untuk bersenang-senang dan tidak terlalu serius.

Enggak.

8. Menyaring Telepon

Anda mungkin tidak mengangkat telepon sekalipun dari orang yang Anda suka, namun Anda akan menelepon balik mereka setelah Anda siap secara mental dan mengumpulkan energi untuk perbincangan.


kalo panggilan interview ya angkat angkat aja si.... tapi ya selama ini nggak pernah ada yang nelfon selain pacar, mama, dan papa dehhhh -________- #ketauangalaku #ansosmode

9. Anda Memperhatikan Detail yang Orang Lain Tidak Lakukan

Sisi positif dari introvert adalah sering memiliki mata yang tajam untuk melihat hal detail, yang mungkin tidak dilihat orang di sekitarnya. Penelitian menemukan bahwa introvert menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat memproses informasi visual, dibandingkan dengan ekstrovert.

kalo soal kepo-in orang emang detail yahhhh yuranda yahhhh...tapi kalo kerjaan typo terusssss...

10. Sering Berbicara dalam Hati

"Ekstrovert tidak berbicara dalam hati seperti yang kami lakukan. Kebanyakan introvert perlu berpikir sebelum bicara," tutur Olsen Laney.

Iyakkkk

11. Tekanan Darah Rendah

Studi di Jepang tahun 2006 menemukan bahwa introvert cenderung memiliki tekanan darah rendah daripada ekstrovert.

coincidence.

12. Anda Seorang Penulis

Introvert sering lebih baik berkomunikasi lewat tulisan daripada secara langsung. Kebanyakan mereka tertarik untuk menyendiri, sehingga cocok sebagai penulis kreatif.

kalo kata temen gw, social media banget sih mbak........ Iya ya giliran ngobrol tatap muka harus mabok dulu baru bisa supel .__.

 13. Anda Memiliki Periode Kegiatan Sosial, Kerja dan Kesendirian

Introvert bisa bergerak dengan menentukan bagaimana mereka harus menyeimbangkan kesendirian dengan aktivitas sosial. Tapi ketika mereka bergerak terlalu banyak dalam sosialisasi dan kesibukan, mereka merasa tertekan dan perlu untuk kembali ke diri mereka sendiri. Demikian pendapat Olsen Laney. 

Berasa lagi dibacain sifat sifat dari garis tangan gini deh sm mbak2 gipsi..

14. Terlihat Bijaksana Sejak Usia 20 -an

Orang yang introvert akan mengobservasi dan mengambil banyak informasi. Mereka juga cenderung berpikir sebelum bicara sehingga membuat mereka terlihat lebih bijaksana daripada yang lainnya.

"Orang yang introvert cenderung berpikir keras dan analitis. Itu yang membuat mereka tampak bijaksana," ujar Dambling.

Weeeeeeew sok bijaksana mungkin lebih tepatnya gue.

-------------------
Hahhh...
selesai. kalo versi komik yg pernah saya baca dari tumblr heyluchie



*maaf ya kalo mungkin image suka oversize nggak sesuai layout, karena nulis dan attaching picture nya dari hp, ga bisa di setting fits ;)

1 komentar

  1. Nice posting gan !
    Tapi beneran deh nda, gue baru tau ada tipe orang introvert , dan 7 dari 14 poin, gue sering alamin, huuff

    BalasHapus

The Ugly Book